Apa Itu Naked URL, Kelebihan dan Kekurangannya

11 Website Gratis Khusus Buat Belajar Desain Grafis

Teknologi terus berkembang dari masa ke masa dimana teknologi selalu menghadirkan sesuatu yang memudahkan manusia dalam menjalani kehidupan. Tak terkecuali juga dengan teknologi internet. Di lansir dari berita terkini, banyak manfaat yang bisa kita dapatkan sejak hadirnya teknologi internet. Kita bisa berkomunikasi dengan seseorang yang jauh disana dengan melihat wajah dan suaranya. Kita juga bisa berbagi dengan sesama meski tak berada di tempat yang sama. Internet juga menjadi tempat dimana kita bisa membagikan segala informasi. Tetapi pernahkah kamu memikirkan bagaimana seseorang berbagi informasi dengan yang lainya melalui website. Jika kamu salah satu pegiat website, mungkin kamu mengenal yang disebut dengan Naked URL.

Pastinya pada tau semua bukan apa itu URL, URL adalah singkatan dari Uniform Resource Locator atau bahasa umumnya yakni alamat sebuah web atau situs. Kemudian bagaimana dengan istilah Naked URL, apakah berbeda dengan URL address biasanya, apakah ada kelebihan dan kekurangan pada kedua jenis URL dan lain sebagainya. Berikut penjelasan lengkap mengenai apa itu Naked URL.

Pengertian Naked URL

Naked URL seringkali juga diartikan sebagai URL bugil, mengapa demikian ? Bagi kamu yang tahu arti Naked mungkin paham mengapa url ini diberi gelaran URL bugil. Jadi gimana sebenarnya maksud dari URL bugil tersebut ? bugil disini yakni tidak adanya penggunaan tulisan htpps atau WWW pada URL.

Jadi website, situs atau blog yang menggunakan URL Naked alamat website atau URL nya tidak memiliki tambahan kata https atau www dibagian depannya. Misalnya alamat website yang menggunakan URL biasa tertulis seperti ini https://cobacoba.com atau www.cobacoba.com maka apabila website tersebut menggunakan Naked URL, alamatnya akan menjadi cobacoba.com saja tanpa adanya tambahan https dan www dibagian depannya.

Lalu apa sih kelebihan dari url ini ? pastinya kamu pada bertanya-tanya bukan fungsi dari url naked apakah ada kelebihannya atau hanya sekedar hiasan semata.

Kelebihan

Jadi kelebihan website yang menggunakan naked url yakni bisa dikatakan SEO friendly. Pastinya kamu sudah tau bukan apa itu SEO, bagi yang belum tau SEO adalah optimisasi yang kita lakukan agar membuat website kita memiliki nilai yang baik dimata system pencari atau search engine.

Dengan menghilangkan embel-embel https atau www pada alamat website maka website akan menjadi lebih SEO dan juga mudah di ingat oleh pengunjung. Dengan begitu website kamu akan memiliki traffic penggunjung yang tentunya lebih baik dan nilai yang baik di mata search engine seperti google atau bing dan lainnya.

Kekurangan

Kemudian kekurangan yang akan kamu dapatkan jika menggunakan Naked URL yakni website atau situs yang kamu punya akan sedikit kurang dipercaya oleh sebagaian pengunjung. Penambahan https pada website atau situs memiliki fungsi sebagai protect yang memberikan jaminan keamanan pada pengunjung saat sedang mengunjungi situs. Oleh karena itu dengan menggunkan naked url maka situs atau website atau blog anda menjadi kurang terpercaya.

Itulah penjelasan tentang Naked URL, tentunya ada sebagaian yang suka menggunakan URL seperti ini dan ada pula yang tidak. Sangat tergantung dari masing-masing individu. Yang pasti kita tahu kelebihan dan kekuranganya. Semuanya juga tergantung pada kebutuhan dan keperluan anda, apabila anda merasa perlu menggunakan Naked URL tentu saja anda akan mendapatkan manfaat yang sesuai dengan yang anda inginkan, begitu pula sebaliknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *