Panduan Cara Menghitung Usia Kehamilan

6 Hal Ini Harus Jadi Perhatianmu Saat Merencanakan Kehamilan

Tentu jika anda merasa seorang perempuan sejati maka proses kehamilan lah akan membuat anda sangat merasa beruntung atau terhormat sekali tentunya. Dimana didalam proses kehamilan itu hakikatnya merupakan hasil buah cinta anda bersama suami anda yang berharap agar nanti saat proses persalinannya akan lancar sehat serta selamat sentosa tanpa kekurangan apapun. Polemik yang saat ini sedang booming terjadi para ibu sangat sulit menentukan pada usia berapa kehamilan anak yang dikandungnya.  Tentunya saat ini ada sebuah penemuan software yang sangat canggih dan anda pun akan sangat mudah untuk menghitung usia kehamilan anda yaitu menggunakan kalkulator kehamilan online.  Tetapi terlepas dari itu semua berikut ini ada beberapa panduan cara yang harus anda perhatikan ketika menghitung usia kehamilan yaitu diantaranya adalah sebagai berikut:

Mengetahui kapan haid pertama serta serta haid terakhir

Tentu pada saat kehamilan ini patokan yang harus anda mulai ketahui yaitu adalah dengan anda mengetahui kapan anda haid pertama serta haid terakhir anda.  Ini merupakan sebuah patokan langkah awal untuk menentukan usia kehamilan anda tentunya. Jika pada keadaan bulan berikutnya anda tidak menstruasi atau tepatnya dihitung setelah sudah satu bulan pada bulan sebelumnya.  Ini merupakan sebuah dasar perhitungan dimana apabila siklus haid anda sudah berjalan normal. Dengan kalkulasi cara yaitu mendapatkan usia periode kehamilan yang cukup 40 minggu atau dalam hitungan menjadi 240 hari.

Perhatikan gerakan janin yang  anda kandung

Langkah awal untuk mengetahui gerakan janin yang  anda kandung adalah yaitu dengan cara anda merasakan pada saat fase kehamilan pertama jika anda merasakan gerakan janin untuk pertama kalinya  anda diprediksi memasuki periode kehamilan awal yaitu 18-20 minggu. Sedangkan untuk fase kehamilan untuk gerakan janin sudah mulai terasa lebih kuat maka anda memasuki usia kehamilan 16-18 minggu. Tetapi hal ini tidak akan dapat dijadikan oleh anda pedoman untuk mengukur masa kehamilan anda tentunya karena ini cukup lemah serta tidak baku karena para ibu dituntut untuk merasakan gambaran rasa gerakan janinnya.  Tentunya jangan juga dilewatkan karena hal ini pun dapat dijadikan oleh anda sebagai salah satu bentuk variabel untuk membantu menentukan usia kehamilan anda. Pada prinsipnya jika semakin tua usia kandungan atau kehamilan anda idealnya maka akan semakin kuat juga gerakan yang diberikan oleh janin anda tentunya.

Tinggi Puncak Rahim

Tentunya hal ini akan membuat anda akan mengerti bahwa mengukur usia kandungan kehamilan ini biasanya variabel ini akan sangat cocok dan biasa digunakan sebagai ukuran. Dimana anda pun akan mengetahui bahwa dokter biasanya akan memeriksa bahkan sampai meraba puncak rahim yang biasa disebut dengan (Fundus Uteri). Dimana letak puncak rahim itu sendiri berada pada bagian yang menonjol pada dinding perut dan perhitunganya dimulai dari tulang kemaluan.  Jika pada saat dimulai dihitung jarak dari tulang kemaluan hingga puncak rahim berkisar pada 28 maka pada saat itu juga dapat dipastikan bahwa usia kehamilan anda sudah berusia 28 minggu. Ada satu hal yang harus anda ketahui sebagai ibu hamil yang cerdas yaitu ketika jarak dari tulang kemaluan hingga puncak rahim berkisar 36 cm maka ini merupakan titik puncak tinggi rahim dan tidak akan bertambah lagi meskipun sudah 40 minggu atau sebentar lagi masa melahirkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *