Pertempuran OPPO Di Pasar Smartphone

Ponsel atau telepon seluler adalah salah satu penghubung komunikasi dua arah. Biasanya dipakai untuk telpon atau pesan singkat SMS. Namun untuk beberapa tahun kebelakang produsen smartphone yang sudah lama eksis di pasaran harus bersaing dengan produk smartphone asal china. Produk produk asal negeri Amerika dan Korea seperti  Apple atau samsung kini hanya sebagian kecil mengisi etalase di pusat perbelanjaan smartphone atau elektronik. Rata rata etalase etalase yang berjejer sekarang dipenuhi oleh merk smartphone china seperti Xiaomi, Huawei, Zte, Vivo, OPPO. Selain harga nya yang lebih relatif terjangkau smartphone china juga memiliki banyak pilihan dan inovasi yang lain. Sehingga calon pengguna bisa menentukan budget dan kebutuhan nya. Dulu sekali memang smartphone buatan china dipandang sebelah mata namun sekarang terbukti, Salah satu merk smartphone china mampu menutup mulut para pengkritiknya. Salah satu  merk smartphone china yang patut diacungi jempol adalah OPPO dengan seri terbarunya yaitu Oppo A7.

Pada tahun 2016 total penjualan smartphone OPPO tembus pada angka 349 juta unit, Angka  itu cukup meningkat 3,9% jika dibandingkan dengan periode yang sama beberapa tahun sebelumnya. Untuk penjualan Mobile Phone nya sendiri smartphone menguasai sekitar 78% dari total penjualan.

Dinegara berkembang kenaikan nya itu beralasan, dikarenakan meningkatnya permintaan Smartphone murah. Ditambah gencarnya promosi $g smartphone di berbagai belahan dunia lainnya. Ditengah merk merk smartphone lama yang sedang stuck memikirkan inovasi lainnya, Ponsel buatan china mulai menggeser tampil berjaya dan mencuri pasar. Salah satunya adalah OPPO.

OPPO merupakan salah satu dari banyak nya smartphone merk china yang mampu melesat menuju top list merk merk ponsel global.  Pada tahun 2015 hanya ada dua brand china yang masuk list top global, total dari pangsa pasar merak hanyalah sebesar 11 persen saja. Maju ke tahun berikutnya tiga Smartphone  asal china berhasil masuk ke lima besar salah satunya adalah OPPO.

OPPO mulai menggeser merk smartphone lainnya  seperti Lenovo, yang memang saat itu penjualan nya sedang turun di pangsa pasar dunia.  Terlebih di china yang merosotnya diperkirakan lebih dari 70% yang disinyalir karena kalahnya bersaing dengan merk lokal lainnya.  Dari sana OPPO melesat ke posisi 4 dengan pertumbuhan penjualan mencapai 145 persen, Hal yang terbaik untuk penjualan OPPO. OPPO juga memiliki lonjakan permintaan untuk pasar asia pasifik sampai 20 persen dari 199 persen.

Untuk smartphone merk lama, pertarungan dan rivalitas antara Samsung dan apple dimenangkan Samsung  setelah menguasai 23 persen pangsa pasar . Dari sisi pengiriman OPPO juga mengalami kenaikan signifikan, menurut data dari international data corporation ( IDC) worldwide, Total pengiriman Smartphone dunia mencapai 334,9 juta unit pada kuartal 2016. Angka nya meningkat  dari periode pertamanya. “ Bagi OPPO , mesin pertumbuhan kami sekali fokus pada produk. Kami selalu mendengarkan pengguna dan membuat desain secara cermat , menciptakan produk berkualitas tinggi yang benar benar mereka cintai” ungkap vice president OPPO smartphone.

Oppo semakin sini juga berdedikasi untuk memuaskan pengguna nya. Dari segi kualitas produk yang terus ditingkatkan seperti seri oppo a7 ataupun seri lainnya , Itulah mengapa OPPO bisa mencuri pasar smartphone Indonesia ataupun global. Untuk official store nya saja sudah tersedia di situs blibli.com.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *